Minggu, 25 November 2012

Apa Bedanya Blogger.com Dengan Blogspot.com??

Tiba-tiba ajah ngeuh dengan judul itu. Selama ini yg saya taunya kalo mau bikin "blog" itu di blogspot.com, setelah beberapa menggunakannya secara ngga sadar saya lebih sering ngebuka blog ini dengan mengetikan alamat blogger.com, begitupun saat buka email kemudian pengen buka blog ini ternyata yg tertulis di pilihan nya itu adalah blogger bukan blogspot.
Ternyata kepikiran terus tuh, emang nya apa sih bedanya blogger.com sama blogspot.com??  ya saya cari tau dong di si empu nya, siapa lagi kalo bukan mbah google :)
Dan ternyata ini yg saya temukan di forum tanya jawab milik google. Ada juga orang yg sama kaya saya nyari tau perbedaan itu. 

Q  :  Perbedaan blogspot.com dengan blogger.com itu apa sih?

and the answer is.....

 A : Blogger adalah layanan Platform blog nya, nama engine bloggging yg digunakan, yg tentunya sudah banyak dikenal oleh kita semua. Dengan engine / platform blogger, kita dapat membuat blog dengan standar dan struktur yg sudah ditentukan. Platform lain adalah Wordpress.com, Webs.com dll yg tentunya memiliki format engine blogging yg berbeda pula.
Sedangkan blogspot.com adalah layanan domain hosting gratisnya, dimana nama domain (subdomain dari blogspot.com) serta seluruh file blog dihost di tempat yg sama.
Memang penyebutan nama menjadi kerancuan karena Blogger (Blogger.com) menggunakan nama main domain yg berbeda pada domain layanan blognya (blogspot.com), berbeda dengan free wordpress, webs, livejournal, dll yg menggunakan nama yg sama sebagai bagian dari subdomain blog-blognya, misalnya zzzz.wordpress.com atau blablabla.webs.com dan seterusnya.

Dan singkatnya, perbedaan itu terletak dari Hosting dan Domain nya, dan keduanya punya kesamaan yaitu sama-sama milik nya mbah Google.
Ooohhh....jadi gitu ya :)

0 komentar:

Posting Komentar